Toolkit pada sepeda motor bukan sekadar perkakas motor. Semua ada peruntukannya. Sekalipun, sama-sama jenis
sekrup, tidak sembarang obeng bisa buka. Meski bentuknya baut, ada juga
yang tidak boleh dibuka pake kunci pas. Toh, banyak bikers masih salah menggunakannya saat iseng ngoprek di rumah.
Berikut sejumlah kesalah yang perlu dihindari agar tidak berbuntut fatal. Misal baut dan mur jadi gampang slek.
#Obeng MinObeng min ini tergolong banyak digunakan di motor. Selain di
bodi, karburator dan juga di bagian mesin dalam. Tapi, tentu tidak
sembarang obeng. Ada yang perlu ukuran kecil dan ada yang perlu lebih
gede. Kalau dipaksa obeng yang ukurannya lebih tipis, slek, deh,
Bukan hanya bikersyang bongkar mesin sendiri. Mekanik bengkel juga
banyak yang gunakan obeng min untuk cungkil saat buka crankcase.
Padahal, itu tidak boleh. Mustinya pake kunci khusus,”
Ukuran obeng min lazimnya mulai dari 5 x 75 mm, 6 x 100 mm, 6 x 150
mm, 8x200 mm. “Caranya, cek dulu ukuran di mur. Kalau terasa oblak,
artinya, musti pakai obeng yang lebih gede lagi. Jangan dipaksa hanya
bermodal satu ukuran obeng, doang,”
#Obeng Kembang
Jenis obeng yang lazim disebut obeng kembang sering
salah kaprah penggunaannya. Selain soal ukuran, bentuk kembang juga
sering tidak diperhatikan. Makanya, banyak kasus slek hanya karena hal
sepele tadi,
Sekrup juga ada yang butuh obeng kembang yang ujungnya lancip, ada
pula tak butuh ujung tidak runcing. Cara ngeceknya juga mudah.
Perhatikan sekrupnya. Lihat ukuran dan bentuk kembang yang dibutuhkan.
Ingat tak semua obeng kembang pas dan sama,
Obeng plusbiasanya terdiri dari ukuran 5 x 75 mm, 6 x 100 mm, 8 x
150 mm. Orang bisa disebut ukuran PH 1/4 inci, PH 2/6 inci, PH 3/8 inci.
Angka di depan, menunjukan ukuran mata obeng. Sedang angka yang di
belakang adalah panjang obeng.
#Kunci Pas
Selain soal tempat dan ukuran, tidak semua baut bisa
dibuka dengan kunci pas. Meski tempat dan ukuran memungkinkan, tapi
berbahaya kalau dipaksa pakai kunci pas
Contohnya, baut as roda. Secara tempat dan ukuran memang bisa dibuka
pakai kunci pas. Tapi, kadar kekencangannya tinggi dan kunci pas tidak
menggigit semua sisi baut. Makanya, akan lebih bagus dengan kunci ring
atau sok
semoga bermanfaat..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar