1. Kenalilah karakter motor mulai sejak sebelum dibeli.
Test ride sangatlah penting sblm anda membeli motor jenis/type ini.
Dengan mengenali karakter motor,anda dgn mudah dpt menentukan arah modif.
Lebih sip jika anda menambah pengetahuan dan wawasan tentang tiap detil modifikasi yg ingin anda lakukan.
2.
Setelah anda tau karakter motor pilihan anda,tentukan arah modifnya
agar sesuai/cocok dgn yg diharapkan,efisiensi biaya makin
tinggi,kepuasan pemilik terpenuhi.
Quick = gesit = jago akselerasi.
Agile = Lincah.
Fast = top speed hebat.
Durability = ketahanan = keawetan.
Ambil contoh Easy 100 yg karakternya lebih cocok diarahkan ke quick dan agile.
Bukan tdk mgkn dia jadi fast,tp biaya pasti bengkak.
Karakter motor mirip dgn watak manusia,sulit dirubah,udah bawaan dari penciptanya.
Contoh yg salah,punya Dink 150 pingin dimodif agar selincah Easy JR di padatnya lalu lintas kota besar.
Arah modif yg sesuai dgn karakter motor berdampak biaya minim,hasil maksimal,mesin awet.
Kok bs begitu?
Karena tidak dipaksakan.
3. Sebaiknya anda mengenali detil modif yg akan dilakukan.
Sesuaikan dgn peruntukan/kegunaan motor.
Manfaatnya selain hemat biaya,awet di mesin,paling utama adalah keselamatan rider maupun pengguna jalan raya yg lain.
Hindari modif ekstrim selain utk keperluan balap.
Contoh : Bore up dgn piston segede kaleng biskuit,stroke up apalagi merubah posisi big pin,rubah derajat cam/noken.
3 jenis modif diatas tidak cocok utk motor yg masih dipake harian ato turing jarak jauh.
Selain biaya mahal,umur mesin pasti pendek,apalagi jika modifikatornya gadungan.
Bubrah deh tuh mesin.
Modif berlebihan juga menurunkan tingkat kenyamanan berkendara maupun keselamatan.
4. Sebaiknya dari awal kita juga punya bayangan budget yg dianggarkan.
Komunikasikan dgn modifikator sejak awal mengenai detil modif,kegunaan modif,perkiraan hasil modif dan besar biaya.
Ingat,tanyakan dulu konsekwensi yg ditanggung masing2 pihak.
Modifikator
yg baik akan memberikan semua gambaran yg jelas tentang hal2 diatas
sekaligus berani memberikan garansi jika memang motor jebol ato malah
gak enak setelah disentuh yg dikarenakan salah instalasi.
Ambil
contoh: motor kehabisan oli,pdhl baru seminggu ganti piston baru,mekanik
pura2 goblok,tetap memasang cylinder yg korterannya gak bener.
Ini murni kesalahan bengkel.
Jangan sampai budget membengkak gara2 biaya tak terduga dan tak berguna.
Juga menghindarkan anda dari modif yg tdk terasa faedahnya karena tdk tepat sasaran.
Penentuan budget akan lbh mudah jika anda tahu detil modif yg perlu dilakukan.
Juga hal ini sama dgn belajar mengerem sifat tak pernah puas manusia.
Motor hebat adalah motor yg memiliki nilai overall bagus.
Bukan hny 1 kelebihan yg menonjol.
Dia enak dipandang maupun dikendarain kemana aja ridernya mau.
Dinilai dr mayoritas penilaian org mengenai hal ini.
Lebih hebat lg jika benar2 pas dgn keinginan dan karakter rider.
Fantastis jika bs melampaui segala ekspektasi kita,dan dibangun dgn hati2,memikirkan aspek keamanan dan keselamatan.
Pastikan motor disentuh oleh org yg tepat,dan bertanggung jawab thdp hasil modifannya.
Mahal sedikit gak masalah daripada pada akhirnya motor ini nyiksa,akhirnya dibiarkan jd seonggok besi tua.
Ambil
contoh: modifikator menyarankan stroke up dan rubah derajat cam,dia
harus siap menanggung konsekwensi jika motor ini bermasalah dlm kurun
waktu tertentu,dan tentunya sang owner harus tau diri,motor baru ganti
piston,udh digeber abis tanpa ampun,ini adalah kesalahan pemakaian,bukan
salah install.
U are the rider, u are the owner, u are the boss, u ard the judge, be wise, be careful, have a nice ride...
Thx for ur attention...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar